Lengkap Nyi Ageng Serang

   Profil Nyi Ageng Serang   

 Raden Ajeng Kustiyah Wulaningsih Retno Edi  Lengkap Nyi Ageng SerangNama Lengkap : Nyi Ageng Serang
Alias : Raden Ajeng Kustiyah Wulaningsih Retno Edi
Profesi : Pahlawan Nasional
Agama : Islam
Tempat Lahir : Serang, Jawa Tengah
Warga Negara : Indonesia
Ayah : Pangeran Natapraja

   Biografi Nyi Ageng Serang   

Seorang perempuan yang pemberani kelahiran Serang, Banten ini dulunya yaitu perempuan biasa yang spesial. Ia yaitu keturunan dari Sunan Kalijaga, selain itu ia yaitu panglima perang dari Sri Sultan hamengkubuwuno ke I berjulukan orisinil Raden Ajeng (RA) Kustiyah Wulaningsih Retno Edhi atau kini lebih dikenal dengan Nyi Ageng Serang. Beliau memperoleh nama besarnya dikala dia menjadi penguasa serang. Hal ini dipicu dari kegigihan dia untuk melawan penjajah semenjak kecil. Sejak anak anak dia telah terbiasa dengan perang. Beliau selalu membantu dalam menyusun siasat perang melawan penjajah. Nyi Agen merupakan perempuan yang istimewa yang menciptakan istimewa dan berbeda dari perempuan kebanyakan pada waktu itu. Biografi Nyi Ageng Serang sangat berkesan.

Pertama alasannya yaitu dia pemberani. Beliau yaitu perempuan penguasa serang yang kemudian disebut Nyi Ageng Serang. Beliau tak gentar melawan penjajah yang berusaha menguasai tanah kelahirannya di serang. Beliau selalu berusaha melawan para penjajah dengan penuh hati dengan mengorbankan jiwa serta raga untuk kemerdekaan bangsa utamanya tanah kelahirannya. Beliau bahkan terus menerus berjuang demi tanah kelahirannya hingga dia wafat. Itulah mengapa biografi Nyi Ageng Serang dibuat.

Di masa mendatang dia juga punya keturunan berjulukan Ki hajar dewantara atau bapak pendidikan negara Indonesia. dia yaitu perempuan dengan garis keturunan yang tak hanya baik namun juga keturunan yang semata mata hidup untuk kemajuan dan kemerdekaan bangsa dan negaranya. Beliau bahkan telah menjadi panglima perang dan tak gentar ikut berperang dengan prajurit prajurit laki-laki yang waktu itu sama sama membela Indonesia dari serangan penjajahan asing. Beliau tak mala bahkan takut demi kemerdekaan tanah kelahirannya. Sungguh pantas biografi Nyi Ageng Serang ada untuk mengenang jas jasa dia di tanah Jawa khususnya serang.

Selanjutnya dari biografi Nyi Ageng Serang adalah kegigihan dia hingga dia lanjut usia. Tahukah bahwa Nyi Ageng Serang masih saja ikut berperang walau usianya sudah Menginjak 73 tahun. Beliau mengikuti perang Diponegoro pada waktu itu untuk melawan dan mengusir penjajah Belanda dari tanah kita ini. Beliau pada waktu itu sudah lebih lemah dari pada sewaktu dia masih muda dulu.

Akhirnya dia pun ditandu dengan memakai tandu dalam memimpin perang besar tersebut. Beliau masih saja bersikeras untuk terus ikut perang. Hingga kesannya dikala badan dia makin lemah ia pun kesannya mundur dari medan peperangan dan menentukan untuk beristirahat. Pada tahun 1828 dia menghembuskan nafas terakhirnya alasannya yaitu sakit di tanah kelahirannya. Beliau telah meninggalkan tanah serang dengan kemerdekaan dari penjajah waktu itu.

Baca juga : Biografi Ir. Soekarno Presiden Pertama Republik Indonesia

   Penghargaan Nyi Ageng Serang   
  • Gelar Pahlawan Nasional
Seperti itulah biografi Nyi Ageng Serang sebagai pahlawan tangguh dalam membela Negara. Semoga dongeng pendekar diatas sanggup menginspirasi pembaca biografipahlawan.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel