Iswahyudi, Jagoan Yang Gigih Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

    Profil Lengkap Iswahyudi    

 Pahlawan yang Gigih Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia  Iswahyudi, Pahlawan yang Gigih Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
Nama Lengkap : Iswahyudi

Alias : No Alias

Profesi : Pahlawan Nasional

Tempat Lahir : Surabaya, Jawa Timur

Tanggal Lahir : Senin, 15 Juli 1918

Zodiac : Cancer

Warga Negara : Indonesia

    Biografi Lengkap Iswahyudi    

Marsda Anumerta Iswahyudi merupakan sosok Pahlawan Nasional yang punya jasa besar terhadap pembentukan Tentara Nasional Indonesia AU Indonesia. Bersama beberapa rekan lain ibarat Abdurrachman Saleh dan Adi Sutjipto, mereka bersepakat untuk mendirikan organisasi tersebut. Latar belakang pendidikannya dimulai dari HIS, MULO yang berlokasi di Surabaya. Kemudian setelahnya, ia melanjutkan pendidikan di AMS yang beroperasi di Malang. Tak cukup hingga disitu, ia juga pernah menuntut ilmu di Nederlandschi Indische Artsen School atau disingkat NIAS yang merupakan salah satu sekolah dokter populer di jamannya. 

Namun begitu, pendidikannya di forum tersebut tidak dilakukan hingga tamat. Pada tahun 1941, ia masuk ke salah satu sekolah penerbangan belanda berjulukan Luchtvaart Opleiding School. Menjadi lulusan sekolah yang berlokasi di Kalijati, Jawa Barat tersebut, ia bisa meraih predikat Klein Militaire Brevet. Pergolakan sempat terjadi antara pemerintah Belanda dan Jepang. Ini menjadikan kondisi menjadi tidak kondusif bagi para siswa yang bersekolah di sekolah penerbang. Pada akhirnya, mereka harus diungsikan sementara ke Adeleide, Australia. 

Ia bersama rekan-rekan lain sempat diungsikan menuju Negara Kangguru di tahun 1942, tepatnya bulan Maret. Namun tak berselang lama, hanya setahun lalu ia tetapkan untuk lari dari sana. Ia berhasil berlayar ke Tanah Air hanya dengan menggunakan bahtera karet. Beberapa ketika sehabis tiba, ia daerah menjadi tahanan di Surabaya. Namun ia pada jadinya diberikan kesempatan untuk diangkat menjadi Pegawai Kotapraja Surabaya. 

Jasa besarnya terhadap Indonesia terutama ialah saat  mempertahankan kemerdekaan. Ia berjuang keras untuk mempertahankan kedaulatan negara dengan mengambil alih kantor-kantor pemerintah yang sempat berada di bawah kekuasaan Jepang. Ia juga pernah bergabung di AURI dan diangkat menjadi Komandan Pangkalan Udara Gadut. Tanpa takut menantang bahaya, ia berusaha untuk mengadakan kontak dengan negara lain dengan tujuan untuk mencari pinjaman biar Indonesia tetap merdeka. 

Salah satu misinya ialah pergi ke Singapura dan Bangkok bersama dengan Abdul Halim Perdanakusumah. Ia meninggal dengan hormat ketika menjalankan kiprah akhir kecelakaan pesawat. Pesawat yang ditumpanginya itu mengalami kerusakan pada mesin. Alhasil, pesawat pun oleng dan mendarat tajam di tanah Tanjung Hantu, Malaysia. Jenazahnya lalu disemayamkan di Luhut, Malaysia. Untuk menghormati jasanya, makamnya lalu dipindah ke Taman Makam Pahlawan yang berlokasi di Kalibata. Tak lupa, pemerintah juga menghadiahinya dengan gelar Pahlawan Nasional menurut SK Presiden RI no 063/tk.tahun 1975.

PENDIDIKAN

  • Sekolah penerbang Belanda, Luchtvaart Opleiding School di Kalijati, Jawa Barat
Demikian sejarah singkat Iswahyudi salah satu Pahlawan Nasional yang sangat gigih mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada masa penjajahan. Semoga sanggup memperlihatkan wangsit kepada pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel