Arti Lambang Pancasila

Arti Lambang Pancasila
Tahukah arti dari lambang negara Indonesia  - Garuda Pancasila? Lambang ini yaitu hasil karya Sultan Hamid II. Lambang negara Indonesia berupa burung rajawali garuda pancasila. Burung  berwarna emas ini mengalungi perisai yg bergambar lima sila. Di untukan tengah terdapat garis tebal yg melambangkan garis khatulistiwa. Indonesia memang dilalui garis khatulistiwa. Burung ini juga mencengkram pita putih yg bertuliskan semboyan negara bhinneka tunggal ika yg bermakna berbeda-beda namun tetap satu jua.

Lambang negara Indonesia ini pertama kali diresmikan pada si&g kabinet RIS pada 11 Februari 1950. Garuda pancasila dijadikan lambang negara sehabis melalui seleksi yg dilsayakan panitia lencana negara. Paniti inilah yg bertugas menyeleksi proposal lambang negara untuk diajukan kepada Presiden.

Usulan garuda sbg lambang negara diajukan oleh Sultan Hamid II dari Pontianak. Burung garuda yaitu burung yg kuat, mandiri, & percaya diri. Burung ini sangat energik & dinamis. Ia yaitu penguasa angkasa yg menjadi wilayahnya. Akan tetapi burung ini tetap menghargai wilayah kekuasaan yg bukan miliknya. Burung garuda(elang) ini juga memiliki umur yg panjang. Namun beliau harus berjuang untuk berhasil melewati masa sulit tersebut.

Burung garuda banyak muncul dalam mitologi jawa & bali. Buring ini melambangkan kebajikan, pengetahuan, kekuatan, keberanian, kesetiaan, & disiplin. Burung ini yaitu kendaraan dari yang kuasa wishnu. Sebagai kendaraan yang kuasa wishnu,Garuda juga memiliki sifat Wishnu sbg pemelihara & penjaga tatanan alam semesta.

Arti Lambang Pancasila

Warna emas dari lambang negara garuda melambangkan  keagungan & kejayaan. Bentuk paruh, ekor, sayap, & cakar yg kokoh melambangkan kekuatan & tenaga pembangun. Jumlah pada masing-masing untukan melambangkan hari proklamasi kemerdekaan indonesia:

  • 17 helai pada masing-masing sayap
  • 8 helai pada ekor
  • 45 helai pada leher
mengakibatkan angkanya mirip tanggal proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Perisai
Di untukan dada burung garuda terdapat perisai. Perisai telah dikenal usang dalam peradaban masyarakat di Indonesia sbg senjata perlindungan, pertahanan, untuk mencapai tujuan. Di untukan tengah terdapat garis hitam tebal yg melambangkan garis khatulistiwa yg melalui Indonesia. Warna dasar perisai yaitu merah-putih yg melambangkan keberanian & kesucian serta warna hitam yg mirip bentuk jantung di untukan tengah. 


  1. Sila Pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa dilambangkan dengan cahaya di untukan tengah perisai berbentuk bintang yg bersudut lima berlatar hitam
  2. Sila Kedua: Kemanusiaan yg Adil & Beradab dilambangkan dengan tali rantai bermata bulatan & persegi di untukan kiri bawah perisai berlatar merah
  3. Sila Ketiga: Persatuan Indonesia dilambangkan dengan pohon beringin di untukan kiri atas perisai berlatar putih
  4. Sila Keempat: Kerakyatan yg Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan dilambangkan dengan kepala banteng di untukan kanan atas perisai berlatar merah &
  5. Sila Kelima: Keadilan Sosial untuk Seluruh Rakyat Indonesia dilambangkan dengan kapas & padi di untukan kanan bawah perisai berlatar putih.
Kaki garuda mencengkram pita putih bertuliskan semboyan negara Bhinneka tunggal ika yg berarti berbeda-beda namun tetap satu jua. Indonesia yaitu negara dengan keberbagairagaman yg tinggi, sehingga perlu memiliki semboyan yg menyatukan Indonesia.

Baca Juga wacana Pengertian Pancasila di > PENGERTIAN PANCASILA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel