Rasuna Said Sosok Pejuang Kemerdekaan Indonesia

    Profil Rasuna Said    

Biografi Rasuna Said Sosok Pejuang Kemerdekaan Indonesia  Rasuna Said Sosok Pejuang Kemerdekaan Indonesia
Nama Lengkap : Hajjah Rangkayo Rasuna Said

Agama : Islam

Tempat Lahir : Maninjau, Agam, Sumatera Barat

Tanggal Lahir : Kamis, 15 September 1910

Meninggal : Jakarta, 2 November 1965

Zodiac : Virgo

Warga Negara : Indonesia




    Biografi Rasuna Said    

Bernama orisinil Hajjah Rangkaayo Rasuna Said lahir di Maninjau, Agam, Sumatera barat pada tanggal 14 september 1910. Ia ialah seorang pencetus perempuan yang sangat berperan dalam kemerdekaan Indonesia terutama dalam bidang pendidikan, pemberdayaan perempuan dan jurnalisme nasional pada waktu itu. Ia sangatlah tegas dalam berpidato dan goresan pena tulisan seorang rasuna Said dikenal hangat tajam dan bersifat anti kolonialisme terhadap penjajahan Belanda kala itu. Seorang perempuan yang mendedikasikan hidupnya demi kemajuan perempuan dan Indonesia sampai Indonesia bahkan sudah merdeka. Bahkan rasuna oleh sebab itu biografi rasuna Said dibuatkan riwayat biografi yang apik dan panjang.

Rasuna Said menamatkan SDnya kemudian melanjutkan pendidikan di pesantren dan diniyah putri di Bukittinggi. Disana ia mencar ilmu perihal banyak hal. Ia juga mulai mempelajari dan memperdalam dilema agama islam dari gerakan tahwalib. Gerakan islam yang banyak dipengaruhi oleh gerakan nasionalis islam Turki pada masa itu. Ia tidak hanya memahami soal agama atau pengetahuan umum saja namun ia juga tertarik dengan politik. Ketika di membantu mengajar di diniyah putri sebagai guru ia banyak mengajarkan perempuan perihal pendidikan sebagai fondasi akan kemajuan perempuan di tanah Minang itu. Biografi Rasuna Said pun berlanjut.

Selain mengajari hal tersebut rasuna Said juga mengajari dilema politik, bahkan ia berencana memasukkan pelajaran politik ke dalam kurikulum sekolah diniyah pada masa itu. Namun permohonannya ditolak. Rasuna Said cukup kecewa perihal hal itu rasuna Said juga sering menawarkan pidato pidato di tengah masyarakat yang isinya pesan antikolonialisme yang gamblang dan tajam. Hal ini menciptakan rasuna Said menjadi perempuan pejuang pertama yang terkena aturan kolonial Belanda yang dinamakan speechdelict. Hukuman yang ditujukan pada orang orang yang berbicara menjelek-jelekkan atau mendesak pemerintahan Belanda di depan umum. Biografi Rasuna Said terus berlanjut.

Rasuna Said pernah ditangkap di Semarang gara gara pidatonya itu selama berapa tahun. Telah bebas dari penjara ia pun menjadi seorang jurnalis di menara poetri yang merupakan sebuah majalah mingguan yang berisi goresan pena tulisan rasuna Said yang dikenal tajam dan asih membawa pesan-pesan antikolonialisme yang kental. Hal ini merupakan usaha barunya untuk menggerakan masyarakat luas. Biografi dongeng Rasuna Said terus berlanjut.

Sayangnya majalah itu pun gulung tikar sebab tidak ada sumber penganan yang cukup. Rasuna Said meneruskan perjungannya di politik ketika Indonesia sudah merdeka. Ia menerima kawasan Dewan pertimbangan agung dan tubuh legislatif RIS sebab kemauan politiknya yang sangat anggun dan sangat tajam. Ia sunguh pejuang perempuan dan jagoan dengan biografi rasuna Said yang sesuai dan hebat.

    Karir Rasuna Said    

  • Sekretaris Cabang Sarekat Rakyat
  • Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Serikat (DPR RIS)
  • Anggota Dewan Pertimbangan Agung
  • Dewan Perwakilan Sumatera

    Penghargaan Rasuna Said    

  • Presiden R.I. No. 084/TK/Tahun 1974 tanggal 13 Desember 1974
Seperti itulah biografi jagoan nasional Rasuna Said. Semoga dengan gosip diatas sahabat biografipahlawan.com sanggup mengenal lebih bersahabat sosok jagoan yang berasal dari Sumatera Barat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel