Jaring Laba-Laba Yang Menakjubkan


Teman-teman, apa yang terlintas di benak kau dikala mendengar kata laba-laba? yup, jaring-jaringnya!.

Jaring laba-laba mempunyai rancangan yang unik dengan perhitungan teknik yang menyertainya. Jika kita memperbesar laba-laba menjadi seukuran manusia, jaring yang dianyamnya itu akan mempunyai tinggi sekitar 150 meter (waah, sama tingginya dengan gedung pencakar langit 50 lantai dong?!).

Lalu, bagaimana makhluk yang mungil ini membuat jaringnya ya?.
Pertama-tama, laba-laba melempar benang yang dipintalnya ke udara, kemudian anutan udara membawanya ke daerah tertentu dimana benang menempel. Lalu pekerjaan konstruksi pun dimulai (wow, ternyata laba-laba menyerupai arsitek saja ya?). Nah, untuk menganyam sebuah jaring, si arsitek mungil ini memerlukan waktu sekitar satu jam.

Awalnya, laba-laba menarik benang jenis berpengaruh dan tegang dari titik sentra ke arah luar guna mempersiapkan kerangka jaringnya. Ia kemudian memakai benang jenis kendor dan lengket untuk membuat bulat dari arah luar ke dalam. Dan sekarang jaring-jaringnya yang berfungsi sebagai perangkap mangsa itu pun telah siap.

Tahukah teman-teman, jikalau benang laba-laba itu lima kali lebih berpengaruh dari serat baja dengan ketebalan yang sama?. Jika seutas tali berdiameter 30 cm terbuat dari benang laba-laba, maka ia akan bisa menahan berat 150 mobil. Padahal, benang ini lebih tipis dari rambut insan lho!, ia pun lebih ringan dari kapas, tapi luar biasanya ia lebih berpengaruh dari baja!.

Baja (yang merupakan materi terkuat) saja didesain khusus biar berdaya tahan tinggi, dipakai pada konstruksi bentang lebar, bangunan tinggi, dan jembatan. Lalu bagaimana dengan laba-laba, sang makhluk mungil yang tak bisa berpikir, bagaimana ia bisa menghasilkan benang dalam tubuhnya yang bisa lebih kokoh daripada baja sekalipun?. Tak diragukan lagi, ini ialah bukti bahwa laba-laba diberi wangsit biar sanggup membuat jaring yang mengagumkan.

Dialah Allah, Tuhan Seluruh Alam, yang membuat makhluk-makhluk-Nya dengan sikap mereka yang mengagumkan, dan mengilhami mereka wacana apa yang mereka kerjakan. Subhanallah..!!! Sungguh Mahabesar Allah, Sang Pencipta Maha Luar Biasa.


“Sesungguhnya, Tuhanmu hanyalah Allah, yang tidak ada Tuhan selain Dia. Pengetahuan-Nya mencakup segala sesuatu.” (Q.S. Thaahaa, 20:98)

Insight Magazine Edisi 6


--o0o--

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel