Makanan Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur


Banyak orang sampaumur ketika ini menderita insomnia. Walaupun tidak, mereka jarang mendapat tidur malam yang nyenyak. Mereka biasanya gelisah, tidak sanggup menemukan posisi yang nyaman untuk tidur, dan gampang terganggu oleh bunyi asing yang umum di malam hari. Ada juga orang yang mendapat cukup waktu tidur, namun ketika bangkit mereka mencicipi lelah, lesu, dan ingin melanjutkan tidur lagi.

Solusi yang umum ialah mendapat resep dari dokter (bagi mereka yang didiagnosis menderita insomnia), dan mengganti kawasan tidur dengan tingkat kelembutan yang sedang. Bantal yang terlalu lembut atau terlalu keras juga dilihat sebagai penyebab, dan kadang kala perlu diganti dengan bantal ergonomis.

Ada penyebab lain yang sanggup mengakibatkan buruknya kualitas tidur, salah satunya ialah pola makan yang kurang baik. Ya, jenis kuliner yang anda konsumsi sehari-hari benar-benar sanggup mempengaruhi kualitas tidur anda di malam hari. Ini bukan berarti hanya berhenti mengkonsumsi kopi, dimana kopi sanggup mengakibatkan kualitas tidur anda terganggu bila anda mengkonsumsinya kurang dari enam jam sebelum tidur, khususnya bagi pemula.

Jadi, jenis kuliner apa saja yang sanggup meningkatkan kualitas tidur?

Makanan Rendah Lemak


Tak terhitung studi telah dilakukan ihwal obesitas dan hubungannya dengan kualitas tidur. Dengan mengamati aneka macam subyek, telah ditemukan bahwa semakin banyak massa badan seseorang, semakin sulit untuk berada dalam tidur. Orang gemuk memerlukan waktu lebih usang untuk tertidur. Mereka cepat merasa tidak nyaman berbaring di satu posisi, gelisah dan sering bolak-balik, sehingga tidur terganggu.


Diet rendah lemak akan menurunkan obesitas dan membantu orang tidur lebih baik.

Sumber Alami Melatonin

Melatonin ialah neurohormon yang bertindak sebagai anti-oksidan. Sumber kuliner utama melatonin ialah ceri. Ceri mengandung asam amino tryptophan, yang diubah menjadi serotonin dan kemudian melatonin di dalam tubuh. Melatonin ialah zat alami yang sanggup menjadi alternatif yang sangat baik sebagai obat tidur. Hormon ini mempengaruhi tidur, dan diduga bekerja dalam kegelapan (malam hari). Fungsinya ialah sebagai jam internal, membiarkan seluruh badan beristirahat dan tidur selama berjam-jam.


Minum jus ceri di siang hari dan sebelum tidur di malam hari ialah obat alami untuk insomnia. Studi menawarkan bahwa seseorang yang minum dua gelas jus ceri setiap hari berhasil menambah jumlah jam tidur sebanyak 25 menit ekstra.

Melatonin juga ditemukan dalam ikan, almond, stroberi, raspberry, anggur, dan juga tumbuhan tertentu ibarat gandum, beras dan oats.

Makanan Kaya Kalsium dan Magnesium

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa kuliner yang kaya kalsium dan magnesium benar-benar sanggup meningkatkan kualitas tidur seseorang. Ingat ketika kita masih anak-anak, orang bau tanah kita akan membawakan segelas susu sebelum tidur? Alasan utamanya ialah kalsium dan magnesium meningkatkan pertumbuhan tulang, dan imbas regenerasi ini lebih efisien ketika kita tidur. Anak-anak pun cenderung tidur lebih nyenyak ketika mereka minum susu hangat sebelum tidur.


Sekarang kita mempunyai bukti ilmiah untuk mendukung hal tersebut. Studi menawarkan bahwa ketika kalsium berada pada tingkat normal, tidur nyenyak akan lebih cepat tercapai. Ketika kadar kalsium turun, tidur pun akan gampang terganggu. Kalsium juga merupakan unsur penting dalam pembuatan melatonin. Magnesium menjadi perlu alasannya ialah diharapkan untuk absorpsi kalsium yang tepat.

Contoh kuliner yang kaya akan kalsium dan magnesium ialah ikan salmon, susu, yogurt, sayuran hijau, lobak, kacang-kacangan, beras, kentang, jeruk, dan biji-bijian.


Sumber Vitamin B6

Jika anda merasa sedikit lapar diantara waktu makan, jangan eksklusif meraih sekantong keripik. Makanan tersebut penuh pengawet, selain mempunyai kandungan sodium yang tinggi. Pilih opsi kuliner ringan sehat ibarat pisang, kacang tanah, kacang mete, dan sereal.


Alasan lain mengapa anda harus menentukan mereka ialah alasannya ialah mereka kaya akan vitamin B6 yang bermanfaat. Vitamin B6 bahwasanya tidak melaksanakan apa pun untuk perbaikan tidur, namun merupakan unsur penting lain untuk membuat melatonin. Oleh alasannya ialah itu, pola kuliner ringan sehat di atas, serta didukung dengan kentang, brokoli, asparagus, buncis, biji bunga matahari dan ayam sanggup membantu meningkatkan kualitas tidur.

Karbohidrat

Banyak dari makanan-makanan yang disarankan diatas dikemas bahu-membahu dengan karbohidrat. Karbohidrat, bila dimakan pada waktu yang tepat, benar-benar sanggup membantu anda mendapat tidur malam yang baik. Tubuh akan mandapatkan ledakan energi beberapa menit sesudah kita makan kuliner kaya karbohidrat. Karbohidrat juga akan meningkatkan tingkat gula darah dalam tubuh, yang pada gilirannya memicu badan memproduksi insulin untuk mengatur gula darah. Setelah kadar gula darah dan insulin mulai menurun, anda akan merasa mengantuk dan lelah.


Oleh alasannya ialah itu anda mungkin sanggup makan sepotong roti 30 menit sebelum tidur untuk membantu anda mendapat kualitas tidur malam yang baik.



--o0o--

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel