Sailfish: Ikan Perenang Tercepat Di Dunia

Sailfish

Cheetah populer sebagai binatang yang hidup di darat dengan kemampuan berlari paling cepat di dunia. Di dalam bahari juga ada ikan yang mempunyai kecepatan setara dengan cheetah, adalah Sailfish atau ikan layar. Bahkan sebab kecepatannya, ikan sailfish populer sebagai ikan yang paling sulit untuk ditangkap!

Dengan tubuh yang kaku, lurus dan meruncing, serta sirip ekor yang mirip gunting, ikan sailfish memang diciptakan untuk bergerak cepat. Pergerakan cepatnya ini diadaptasi dengan kemampuan menggerakkan ekor yang sangat cepat. Sailfish menggerakkan ekornya ke depan dan belakang sampai ratusan kali dengan memanfaatkan ototnya yang kuat.

Kecepatan Sailfish ini juga didukung oleh kemampuan menggerakkan siripnya dalam waktu yang cepat, terutama sirip punggungnya yang lebar. Sirip ini membantu mengurangi pengaruh tarikan dan mengurangi resistansi terhadap pergerakannya. Selain itu, tulang punggungnya pun sangat fleksibel untuk menambah daya dorong tubuhnya ketika berenang.


Sailfish

Lalu seberapa cepat Sailfish berenang? Ikan ini bisa berenang dalam waktu yang usang dengan kecepatan melebihi 40 mil per jam dan dengan kecepatan maksimum 70 mil per jam (atau setara dengan 113 kilometer per jam!). Mau mencoba memancing Sailfish? Siap-siap beradu tenaga dengan kecepatan berenangnya ya!



--0o0--

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel