Kh Hasyim Asy'ari: Jagoan Agama Islam Dan Jagoan Tanah Air

   Profil KH Hasyim Asy'ari   

 Pahlawan Agama Islam dan Pahlawan Tanah Air KH Hasyim Asy'ari: Pahlawan Agama Islam dan Pahlawan Tanah Air
Nama : KH Hasyim Asy'ari
Tempat Lahir : 10 April 1875, Kabupaten Jombang, Jawa Timur
Meninggal : 25 Juli 1947, Kabupaten Jombang, Jawa Timur
Makam : Tebu Ireng, Jombang
Agama : Islam
Warga Negara : Indonesia


   Biografi KH Hasyim Asy'ari   

KH Mohammd Hasyim Asy'ari atau lebih dikenal dengan KH Hasyim Ashari lahir di Jombang, 10 April 1875. Berdasarkan biografi KH Hasyim Ashari, Beliau yakni pendiri sebuah organisasi besar Islam yang ada di Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama. Beliau dilahirkan dari orang bau tanah yang berjulukan Kyai Asyari dan Halimah. Keluarga dia memang memegang teguh dasar-dasar pedoman Islam. Hal itu disebabkan ayahnya yang merupakan keturunan kedelapan Jaka Tingkir yakni seorang pemimpin Pesantren Keras di potongan selatan Jombang. Dengan demikian KH Hasyim Asy'ari dibekali ilmu agama yang kuat.

Sejak kecil KH Hasyim Asahri telah terlihat jiwa kepemimpinannya. Beliau juga sudah membantu ayahnya dalam mengajar santri di pesantren. Kemudian pada umur 15 tahun, dia memperdalam ilmunya dengan nyantri di beberapa pesantren. Beliau mengawalinya dari pesantren Wonokoyo Probolinggo, kemudian ke Pesantren Langitan Tuban. Namun dia tidak puasa hanya disitu, dia melanjutkan ke beberapa pesantren menyerupai Pesantren Trenggilis, Kedamengan dan bangkalan. Selain menuntut ilmu di Jawa, dia juga menuntut ilmu sampai ke Makkah berguru kepada imam masjid besar dan terkemuka di Makkah. Dalam biografi KH Hasyim Ashari, menyebutkan bahwa dia merupakan jago dalam hadits Bukhari Muslim. Sehingga dalam waktu tertentu dia sering mengadakan kajian rutin perihal hadist Bukhari Muslim tersebut.

 Pahlawan Agama Islam dan Pahlawan Tanah Air KH Hasyim Asy'ari: Pahlawan Agama Islam dan Pahlawan Tanah Air
Makam K.H. Hasyim Asy'ari
Kisah kehidupan KH Hasyim Ashari, pada tahun 1899 dia mendirikan pesantren yang berjulukan tebu ireng. Awalnya santri yang berguru di pesantren tersebut hanyalah 8 santri. Kemudian berubah menjadi 28 sampai balasannya aneka macam santri yang berguru di pesantren beliau. Berdasarkan biografi KH Hasyim Asy'ari, dia merupakan seorang guru serta seorang petani dan pedagang yang baik hati dan sukses. Belanda merasa kewalahan dengan posisi KH Hasyim Ashari. Hal itu dikarenakan dia sempat menciptakan fatwa bahwa perang melawan Belanda merupakan perang syahid. Dengan demikian aneka macam santri dan umat islam yang menyerang Belanda. Tidak hanya itu dia juga melarang umat Islam melaksanakan haji kalau memakai kapal Belanda. Dengan demikian Belanda merasa terganggu dan dirugikan.

Akibat dari fatwa dan larangan beliau, belanda memenjarakan KH Hasyim Ashari selama 3 bulan pada tahun 1942. Belanda juga sempat melaksanakan politik mencerai-beraikan terhadap beliau. Namun dia tidak pernah mau untuk berhubungan dengan Belanda. Pada tahun selanjutnya, Belanda terusir dari tanah air, Jepang melaksanakan pendekatan terhadap umat muslim. Jepang tidak terlalu menekan pergerakan dan acara umat muslim namun dengan syarat umat muslim, termasuk KH. Hasyim Asahri harus untuk melaksanakan seikerei suatu penghormatan terhadap Kaisar Hirohito dan Dewa Matahari. tentu dengan keras dia menolak hal tersebut. Konsekuensinya dia ditangkap dan diasingkan dari jombang ke mojokerto dan balasannya ke penjara di Surabaya, di Bubutan. Dalam biografi KH Hasyim Ashari, dia memang sangat taat terhadap Allah dan pedoman Islam.

Terlepas dari penjajahan yang terjadi di tanah air dia terus mensyiarkan pedoman agama Islam. Pda tanggal 16 Rajab 1344 H, dia mendirikan organisasi Nahdhatul Ulama' yang artinya sebuah kebangkitan ulama. Organisasi keagamaan ini masih tetap menjadi organisasi besar di Indonesia. Perjuangan KH Hasyim Asy'ari merupakan suatu contoh yang mulia yang sangat menjunjung tinggi nilai nilai agama dan menyayangi tanah air. demikian biografi KH Hasyim Ashari, biar sanggup dijadikan renungan dan memberi manfaat.

   Karir KH Hasyim Asy'ari   

  • Pendiri Nahdlatul Ulama
  • Pendiri Pesantren Tebu Ireng

   Penghargaan KH Hasyim Asy'ari   

  • Pahlawan Nasional

Tokoh Pahlawan Nasional lainnya:

Demikian Biografi KH Hasyim Asy'ari yang sempat biografipahlawan.com sajikan kepada pembaca, biar sanggup bermanfaat dan menjadi tauladan atas kegigihannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel