Pengertian Gerhana Bulan Dan Matahari - Gambar Dan Jenis

Pengertian Gerhana
Gerhana adalah insiden tertutupnya sebuah objek disebabkan a&ya benda/objek yg melintas di depannya. Kedua objek yg terlibat dalam gerhana ini memiliki ukuran yg hampir sama jikalau diamati dari Bumi. Contohnya gerhana Matahari & gerhana Bulan.

Gerhana Matahari terjadi dikala posisi bulan terletak di antara Bumi & Matahari sehingga menutup seuntukan atau seluruh cahaya Matahari. Meskipun Bulan berukuran lebih kecil, baygan Bulan bisa melindungi cahaya Matahari sepenuhnya dikarenakan Bulan yg berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih bersahabat dibandingkan Matahari yg memiliki jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.


  • Gerhana total terjadi jikalau dikala puncak gerhana, bulatan Matahari ditutup seutuhnya oleh bulatan Bulan. Ketika itu, bulatan Bulan sama besar atau bahkan lebih besar dari bulatan Matahari. Ukuran bulatan Matahari & bulatan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan & Bumi-Matahari.
  • Gerhana seuntukan terjadi jikalau bulatan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup seuntukan dari bulatan Matahari. Pada gerhana ini, selalu ada untukan dari bulatan Matahari yg tidak tertutup oleh piringan Bulan.
  • Gerhana cincin terjadi jika bulatan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menghalangi seuntukan dari bulatan Matahari. Gerhana jenis ini terjadi dikala ukuran bulatan Bulan lebih kecil dari bulatan Matahari. Sehingga ketika bulatan Bulan berada di depan bulatan Matahari, tidak seluruh bulatan Matahari akan tertutup oleh bulatan Bulan. Bagian bulatan Matahari yg tidak tertutup oleh bulatan Bulan, berada di sekeliling bulatan Bulan & terlihat menyerupai cincin yg bercahaya.
  • Gerhana bibit unggul bergeser antara gerhana total & cincin. Pada titik tertentu di permukaan bumi, gerhana ini muncul sbg gerhana total, se&gkan pada titik-titik lain muncul sbg gerhana cincin. Gerhana bibit unggul relatif jarang.

Gambar Gerhana Matahari


Gerhana Bulan
Gerhana bulan terjadi dikala seuntukan/keseluruhan penampang bulan tertutup oleh baygan bumi. Itu terjadi jikalau bumi berada di antara matahari & bulan pada satu garis lurus yg sama, sehingga sinar Matahari tidak sanggup mencapai bulan lantaran terhalangi oleh bumi.

Jenis Gerhana Bulan

  • Gerhana bulan total - Pada gerhana ini, bulan akan sempurna berada pada tempat umbra.
  • Gerhana bulan seuntukan - Pada gerhana ini, tidak seluruh untukan bulan terhalangi dari Matahari oleh bumi. Se&gkan seuntukan permukaan bulan yg lain berada di tempat penumbra. Sehingga masih ada seuntukan sinar Matahari yg hingga ke permukaan bulan.
  • Gerhana bulan penumbra - Pada gerhana ini, seluruh untukan bulan berada di untukan penumbra. Sehingga bulan masih sanggup terlihat dengan warna yg suram.
Sistem Ekonomi Indonesia
Gambar Gerhana Bulan






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel