Manfaat Buah Biwa Untuk Kesehatan




Buah Biwa disebut juga dengan nama Loquat atau ada juga yang menyebut dengan nama Eriobotrya Japonic, merupakan buah yang mempunyai rasa manis yang dikemas dengan vitamin sehat, mineral, nutrisi antioksidan, flavonoid dan nutrisi lainnya. Loquat yakni buah yang sangat sehat dan bergizi. 

Buah yang terkenal dengan sebutan loquat ini merupakan flora langka lantaran tidak banyak yang membudidayakan di Indonesia. Tanaman yang sangat cocok tumbuh di dataran tinggi ini berasal dari China, konon diperkenalkan oleh Jepang lebih dari 1000 tahun yang lalu, kemudian menyebar secara luas di India dan negara-negara lain dan menjadi terkenal lantaran rasa manisnya yang tajam. Seiring dengan rasanya yang berbeda, buah ini juga menyediakan aneka macam manfaat untuk menjaga kesehatan. 

Nutrisi utama yang terkandung (dalam 100g) buah ini adalah β-karoten setara (810mcg), kalium (160mg) Feature bahan Chlorogenic asam, amygdalin. Kandungan ini bermanfaat untuk pencegahan arteriosklerosis (radang pada pembuluh darah manusia), stroke, anti-penuaan, dan pilek (masuk angin).

Daging buah biwa banyak mengandung asam sitrat, vitamin A yang baik untuk kesehatan mata,  vitamin B dan C. Buah biwa rendah kalori dan tinggi serat yang sanggup melindungi membran di usus  dari serangan penyakit kanker. Buah ini juga mengandung potasium yang baik untuk mengontrol tekanan darah tinggi dan detak jantung, zat tembaga dan besi yang sanggup membantu pembentukan sel darah merah.
Khasiat lainnya, buah ini juga  merupakan materi baku utama dalam obat batuk tradisonal China Pipa Gao, yang sering dipakai untuk meredakan batuk dan membantu sistem pernafasan serta pencernaan. Selain itu buah biwa ini juga mempunyai kegunaan untuk mengobati diare, penghilang stres, kolestrol, penetral nikotin, pereda nyeri, sampai menghaluskan kulitBuah ini adakala dipakai sebagai obat penenang dan diperkirakan mengurangi muntah dan haus yang berlebihan. 

Loquat/Biwa  dikonsumsi oleh aneka macam budaya ibarat di China  untuk keperluan memasak/bumbu dan penyembuhan serta daun-daunnya mengandung konsentrasi tinggi kalsium, fosfor, zat besi, kalium, vitamin A, dan vitamin C.

Keberadaan flora ini tidak sembarangan. Biwa hanya sanggup hidup di kawasan dataran tinggi saja. Begitupun, pembudidayanya sangat jarang sekali. Itu juga yang menjadikan buah biwa menjadi mahal dan susah ditemukan. Kini harganya berkisar Rp 100.000 per kilogram (kg).
"Kalau budidayanya dilakukan secara intensif dalam artian pemupukan diperhatikan begitu juga dengan pengendalian hama dan penyakitnya produksi flora biwa sanggup mencapai 40- 50 kg per pohon per tahun dengan umur flora sekitar 5 tahun. Tetapi, jikalau perawatan tidak dilakukan produksi yang sanggup dicapai hanya berkisar 25 - 30 kg per pohon per tahun dengan umur flora 5 tahun,"

Sementara dari segi harga  sangat anggun antara Rp 80.000 - Rp 100.000 per kg. "Itu masih dari buah saja belum lagi dari pengolahan daun biwa menjadi teh. Di mana khasiat teh sama dengan khasiat buah biwa,".




Berikut Kandungan & Manfaat Buah Biwa/Loquat Bagi Kesehatan :

Menyehatkan Usus

Loquat mengandung jumlah tinggi serat yang dikenal sebagai pektin. Pektin sangat bermanfaat dalam mengikat dan menghilangkan racun yang diproduksi dalam tubuh. Hal ini efektif untuk mencegah pengendapan racun berlebih dalam usus besar, sehingga meminimalkan efeknya yang sanggup saja berisiko menjadi kanker pada usus besar.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat Buah Biwa mengandung Vitamin A yang sanggup meningkatkan kelembaban kulit dan dengan demikian menjadikan kulit lebih sehat. Vitamin A dalam leci sanggup memperlihatkan sumbangan dari antioksidan dan melindungi penuaan dini .

Sebagai antioksidan

Loquat mengandung jumlah antioksidan tinggi ibarat vitamin A. Vitamin A melindungi tubuh dari radikal bebas dan stres oksidatif. Seiring dengan antioksidan, Loquat juga mengandung flavonoid yang melindungi tubuh dari kerusakan jawaban radikal bebas. 

Menjaga Tekanan Darah

Buah Loquat mengandung jumlah potasium yang baik untuk menjaga tingkat natrium. Juga kalium tinggi, diharapkan untuk mempertahankan tingkat cairan atau keseimbangan elektrolit yang sanggup menjaga tekanan darah. Oleh lantaran itu untuk membantu mempertahankan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko stroke dan serangan jantung, buah loquat Juga mengandung mineral ibarat mangan, magnesium, zat besi, tembaga, vitamin A dan folat yang menjaga tekanan darah yang juga berperan dalam menjaga tekanan darah.

Membantu Menurunkan Berat badan 

Buah Loquat merupakan buah yang rendah kalori. Juga mengandung serat makanan. Diet kaya serat sanggup menekan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme. Oleh lantaran itu buah ini sanggup mebantu penurunan berat tubuh yang sehat.

Meningkatkan pembentukan darah merah

Buah Loquat yakni sumber nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi Sel darah Merah. Buah Ini menyediakan mangan, magnesium, tembaga, zat besi dan folat yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Juga mengandung Vitamin C yang sanggup meningkatkan kapasitas perembesan zat besi dalam tubuh.

Memperbaiki penglihatan mata

Manfaat Buah Biwa yang mengandung vitamin A. Vitamin A yakni Sebagai zat antioksidan, menjadi masakan yang sangat disukai untuk dikonsumsi dalam meningkatkan kesehatan mata. Karena antioksidan yang tinggi dari buah Loquat sanggup melindungi mata dari radikal bebas. Juga sangat efektif untuk mencegah kerusakan retina yang disebabkan lantaran radikal bebas. Selain itu juga sanggup meningkatkan kesehatan mata dan melindungi dari katarak serta degenerasi makula.






Manfaat Daun Biwa/Loquat

Manfaatnya untuk kesehatan telah terbukti  dapat mengatasi gula darah serta kesehatan kulit. Penelitian awal juga dilaporkan bahwa daun loquat sanggup membantu untuk mengatasi kesehatan hati dan pankreas, serta merupakan organ penting yang membantu dalam detoksifikasi.

Daun Loquat  mampu mengatasi proses detoksifikasi alami tubuh yang bertindak sebagai inti dari proses pembentukan mukolitik. Hal ini sanggup membantu melarutkan lendir tebal yang memegang ke senyawa beracun.


Daun Loquat Pers Antioksidan
Mengatasi untuk melepaskan racun yang ada pada tubuh, senyawa ini mengatasi kesehatan yang luar biasa bahwa tubuh Anda secara alami menghasilkan bekerjsama mengandung racun/antioksidan sehingga fungsi obat dari daun ini untuk  menetralkan racun yang berbahaya dalam tubuh, melindungi tubuh terhadap aneka macam penyakit, mendukung imunitas.
Mengatasi Diabetes
Mengatasi ganasnya penyakit diabetes lantaran daunnya mengandung aneka macam materi kimia yang disebut triterpen, merupakan salah satu asam kimia yang paling penting  yaitu asam tormentic. Asam Tormentic telah terbukti meningkatkan produksi insulin dan sanggup menanggulangi  gejala yang berkaitan dengan diabetes. Hal ini telah diakui  oleh pemerintah Cina. 
Mengatasi Kemerahan Pada Kulit
Salah satu manfaat yang sudah dikenal usang yakni untuk mengatasi kulit dari kemerahan. Ketika daun loquat dipakai sebagai krim topikal, sanggup mencegah edema dan kontraksi kulit histamin-induced. Singkatnya, daun loquat sanggup mengatasi menenangkan kulit dan memperlihatkan keseimbangan untuk kesehatan kulit dan memperlihatkan dampak yang sangat bermanfaat. Manfaat lain dari daun loquat Mengatasi Terjadinya Kanker pada kulit.

Mengatasi Gangguang Hati

Daun Loquat mengandung zat yang dikenal sebagai amygdalin (B-17), dan zat ini dikenal untuk membantu datangnya gangguan hati, memproses dan menghilangkan racun dalam tubuh. 

Semoga sesudah mengetahui manfaat dari buah biwa ini, semakin banyak masyarakat  yang ingin menanamnya baik dipekarangan atau dikebun.

Sumber: Edward Group DC, NP, DACBN, DCBCN,
(http://www.globalhealingcenter.com/natural-health/health-benefits-of-loquat-leaf/The Health Benefits of Loquat Leaf)



---oOo---

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel