Penyebab Terjadinya Hujan


gimana terjadinya hujan ya?
Pengertian hujan dan proses terjadinya hujan – Apakah itu hujan dan bagaimana proses terjadinya? penjelasannya sanggup kau baca dan pahami di artikel ini.
A. Apakah itu hujan?
Hujan yaitu sebuah kejadian turunnya butir-butir air yang berasal dari langit ke permukaan bumi. Hujan juga merupakan siklus air di planet bumi. Definisi hujan yang lainnya yaitu sebuah kejadian Presipitasi (jatuhnya cairan yang berasal dari atmosfer yang berwujud cair maupun beku ke permukaan bumi) berwujud cairan. Hujan membutuhkan keberadaan lapisan atmosfer tebal supaya sanggup menemui suhu di atas titik leleh es di akrab dan di atas permukaan Bumi.
Di bumi, hujan yaitu proses kondensasi (perubahan wujud benda ke wujud yang lebih padat) uap air di atmosfer menjadi butiran-butiran air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya datang di daratan. Dua proses yang mungkin terjadi secara bersamaan sanggup mendorong udara semakin jenuh menjelang hujan, yaitu pendinginan udara ataupun penambahan uap-uap air ke udara. Butiran hujan memiliki ukuran yang berbeda-beda mulai dari yang seolah-olah penekuk (butiran besar), sampai butiran yang kecil.

B. Proses Terjadinya Hujan
Berikut ini yaitu proses atau tahapan-tahapan terjadinya hujan, penjelasannya di bawah ini:


  • Sinar matahari menyinari bumi, energi dari sinar matahari ini menjadikan terjadinya evaporasi (penguapan) di lautan, samudra, danau, sungai dan sumber air lainnya sehingga dihasilkan uap-uap air.
  • Uap-uap air ini akan naik pada ketinggian tertentu dan akan mengalami kejadian yang disebut kondensasi. Peristiwa kondensasi ini diakibatkan oleh suhu sekitar uap air lebih rendah daripada titik embun uap air.
  • Kemudian Uap-uap air ini akan membentuk awan. Lalu, angin (yang terjadi alasannya yaitu perbedaan tekanan udara) akan membawa butir-butir air ini.
  • Butir-butir air ini akan menggabungkan diri (proses ini disebut koalensi) dan akan semakin membesar akhir turbelensi udara, butir-butir air ini akan tertarik oleh gaya gravitasi bumi sehingga jatuh ke permukaan bumi.
  • Dan dikala jatuh ke permukaan bumi, butir-butir air ini akan melewati lapisan yang lebih hangat di bawahnya. Sehingga butir-butir air sebagian kecil menguap lagi ke atas dan sebagian lainnya jatuh ke permukaan bumi sebagai hujan. Inilah yang dinamakan dengan hujan.
Sekian artikel yang membahas mengenai pengertian hujan dan proses terjadinya, supaya artikel ini sanggup dipahami dan sanggup mampu bermanfaat untuk kau yang sudah membacanya. . .

--o0o--

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel