Bagaimana Cara Ikan Tidur?



Setelah seharian mengerjakan aneka macam hal yang melelahkan, ketika tidur di malam hari yaitu kesempatan badan beristirahat. Sekaligus mempersiapkan tenaga untuk acara esok hari.

Tapi bagaimana dengan ikan? Jika diperhatikan, ikan niscaya sangat kelelahan sesudah berenang-renang sepanjang hari. Rasanya mustahil jikalau ikan tidak butuh tidur kan?

Tapi bagaimana caranya? Bukankan jikalau si ikan tertidur pulas, ia akan terbawa arus dan hilang? Penasaran kan?

Tentu saja ikan butuh tidur sama menyerupai kita dan makhluk hidup yang lainnya. Tapi tentu saja caranya berbeda.

Ikan tidak memakai bantal dan selimut ketika tidur, tidak menyerupai kita. Ikan tidur dalam kondisi yang asing berdasarkan kita. Sebagian besar dari mereka tidur dengan mata yang tetap terbuka! Itulah sebabnya kita tidak menyadari bahwa sesungguhnya si ikan sedang tidur pulas.

Jika kalian mempunyai akuarium, tentu akan lebih gampang mengamati bagaimana kondisi tidur ikan. Suatu ketika niscaya ikan peliharaan kalian akan berada dalam kondisi melongo menyerupai sedang tak sadarkan diri, tapi dengan mata yang tetap terbuka dan pada umumnya akan membisu di dasar akuarium.

Dan jikalau kita taburkan makanan kesukaannya, akan sangat usang hingga si ikan memperlihatkan respons. Itulah ketika ia tidur.

Beberapa jenis ikan bahkan harus tetap menciptakan gerakan ketika tidur, supaya pemikiran air tetap terjaga menuju insangnya. Hal ini memastikan si ikan menerima cukup pasokan oksigen. Ikan yang lebih besar menyerupai hiu, akan menciptakan gerakan berenang sangat perlahan ketika tidur. Tetap dengan mata terbuka.

Sedangkan ikan yang hidup di lingkungan bebatuan koral, akan menelusup di antara bebatuan ketika tidur, supaya terlindung dari predator.


Info Tambahan

Bagaimana dengan lumba-lumba? Walaupun hidup di laut, jangan lupa bahwa lumba-lumba dan ikan paus yaitu mamalia. Mereka bernapas dengan paru-paru, sama menyerupai kita.

Lumba-lumba juga harus muncul ke permukaan secara bersiklus untuk menghirup oksigen. Bagaimana cara mereka tidur?

lumba-lumba

Dalam sebuah jurnal Neuroscience & Biobehavioral Reviews tahun 2008, diungkapkan bahwa lumba-lumba tidur dengan metoda yang dinamakan “unihemispheric slow-wave sleep“, atau kita menjelaskannya sebagai kondisi tertidur dengan kondisi setengah sadar, dan tetap aktif bergerak.

Percaya atau tidak, lumba-lumba hanya menidurkan setengah otaknya setiap sesi, secara bergantian setiap empat jam. Jika otak kanan tidur, mata kirinya terbuka, demikian pula sebaliknya. Apa gunanya?

Hal ini menciptakan lumba-lumba selalu  dan kondisi setengah terbangun, sehingga mereka masih tetap sanggup bernapas dengan lancar. Dan yang lebih penting, segera menghindar jikalau hidupnya terancam predator.





--o0o--


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel