7 Maritim Terdalam Di Dunia

Sebagian besar dari planet bumi ini terdiri dari air, sehingga aneka macam maritim dilihat dari tingkat kedalamannya. Lautan di bumi, mempunyai 5 samudra. Samudra yaitu lautan yang sangat luas yang ada di bumi. Setiap samudra, terdapat lautan-lautan kecil di dalamnya sedangkan lautan yaitu perairan maritim yang bersahabat dengan daratan, sehingga mempunyai luas yang tidak terlalu besar.

Samudra letaknya jauh dari daratan, sehingga mempunyai luas yang sangat besar, bahkan sanggup mencapai jutaan kilometer. Akan tetapi, tidak hanya luas yang menjadi tolak ukur sebuah lautan. Kedalaman lautan juga menjadi penilaian. Kedalaman lautan dilihat melalui titik terdalam dari lautan tersebut. Titik terdalam dari lautan tersebut dihitung dari dasar lautan, atau titik terdalamnya sanggup dihitung dari palungnya bilamana lautan tersebut terdapat palung. Berikut ini 12 lautan paling dalam di dunia:

1. Laut Palung Mariana

ilustrasi palung mariana

Laut Palung Mariana yaitu lautan yang terletak di samudra Pasifik. Palung maritim Mariana ketika ini menempati urutan teratas sebagai maritim paling dalam di dunia. Palung maritim Mariana mempunyai kedalaman sampai 10. 924 meter per segi. Palung maritim Mariana terbentuk akhir aktifitas vulkanik gunung api yang terdapat didasar samudra Pasifik. Sehingga membentuk barisan cincin api di Samudra Pasifik.

Sedangkan samudra Pasifik sendiri mempunyai kedalaman sekitar 3.939 meter per segi. Samudra Pasifik mempunyai luas 179, 7 juta kilometer. Sehingga menciptakan samudra Pasifik menjadi lautan terluas yang ada di dunia. Selain itu, samudra Pasifik yaitu samudra yang paling banyak dikelilingi oleh benua- benua.


2. Palung Laut Puerto Rico

ilustrasi palung maritim puerto rico

Palung maritim Puerto Rico berada di samudra Atlantik. Palung maritim Puerto Rico yaitu yang terdalam kedua setelah Mariana. Kedalaman dari palung maritim Puerto Rico mencapai 8.605 meter per segi. Kedalaman palung maritim Puerto Rico bisa mengalahkan ketinggian dari gunung Himalaya. Laut Puerto Rico yaitu pembatas dari maritim Karibia dan samudra Atlantik.


Sedangkan samudra Atlantik sendiri mempunyai kedalaman sekitar 3.575 meter persegi, dengan luas sekitar 106.400 ribu kilometer persegi. Samudra Atlantik yaitu samudra yang mempunyai luas  paling kecil, dibandingkan dengan samudra-samudra lain di dunia, dan letak samudra Atlantik berada di tengah-tengah antara 2 benua yaitu Afrika dan Amerika.

3. Palung Laut Cayman Way

ilustrasi maritim cayman way

Palung maritim Cayman Way yaitu palung maritim yang terletak di maritim Karibia. Kedalaman dari palung Cayman Way mencapai 7.686 meter persegi. Sehingga palung maritim Cayman Way menjadi paling maritim paling dalam ketiga di dunia.

Sedangkan maritim Karibia yaitu maritim yang terletak di samudra Atlantik. Laut Karibia mempunyai luas sekitar 2.754.000 kilometer persegi. Kedalaman dari maritim Karibia sekitar 2.575 kilometer persegi. Di dalam maritim Karibia terdapat dua palung yang cukup terkenal yaitu the Puerto RicoTrench dan Hispaniola. Kedua palung tersebut sanggup dijelajahi oleh penyelam, dan menjadi objek wiasata.


4. Laut Palung Jawa

Ilustrasi Palung Laut Jawa

Indonesia yaitu Negara kepulauan, dan di apit oleh dua samudra. Oleh alasannya yaitu itu Indonesia mempunyai banyak laut. Salah satu maritim di Indonesia yang menempati peringkat ke empat maritim terdalam di dunia yaitu Laut Palung Jawa. Laut Palung Jawa terletak di samudra Hindia. Kedalaman dari Laut Palung Jawa yaitu 7.258 km persegi.

Sedangkan samudra Hindia sendiri mempunyai kedalaman sekitar 3.840 meter persegi. Dengan luas sekitar 292,13 ribu meter persegi. Kalau dilihat menurut luas, maka samudra Hindia menempati posisi ketiga sebagai maritim terluas di dunia sehabis maritim mediterania.


5. Samudra Antartika

ilustrasi samudra antartika

Samudra Antartika yaitu samudra yang terletak di kepingan paling selatan dari bumi. Samudra Antartika mempunyai titik terdalam mencapai 7.236 meter persegi. Tidak ada lautan di dalam samudra Antartika, alasannya yaitu samudra Antartika tidak mempunyai kehidupan insan di dalamnya.


Suhu di kawasan samudra Antartika sanggup mencapai sekitar minus 2 derajat sampai 10 derajat Celsius. Karena suhu inilah, tidak ada insan yang tinggal di benua Antartika tersebut. Dan samudra Antartika ini merupakan  salah satu kawasan terdingin di muka bumi. Letak Samudra Antartika berdekatan dengan Australia, Selandia Baru, Argentina dan Chili.

6. Laut Mediterania

peta letak maritim mediteranea

Laut Mediterania yaitu maritim yang menjadi pembatas antara tiga benua. Laut ini membatasi benua Eropa, Asia, dan Afrika. Laut Mediterania juga disebut juga dengan nama Laut Tengah alasannya yaitu berada di pertengahan 3 benua. Laut Mediterania mempunyai titik terdalam, yang di sebut sebagai Calypso Deep. Titik terdalam dari maritim Mediterania yaitu 5.627 meter persegi.


Sedangkan maritim Mediterania sendiri mempunyai kedalaman sekitar 1.501. dengan luas sekitar 2,5 juta kilometer. Hal ini menyebabakn maritim Mediterania memperoleh peringkat kedua sebagai maritim terluas di dunia. Laut Mediterania berbatasan dengan Eropa utara, Afrika Selatan, dan asia timur.

7. Laut Artik Basin

peta letak maritim artik basin

Laut Artik Basin yaitu maritim yang berada di samudra Artik. Laut ini juga di sebut sebagai laut beruang kutub utara, alasannya yaitu letaknya yang bersahabat dengan pulau Baffin. Pulau Baffin yaitu pulau yang menjadi habitat bagi beruang kutub di kutub utara. Titik terdalam dari maritim Artik Basin yaitu 5.626 meter persegi. Laut Artik Basin sendiri masih termasuk dalam samudra Artik. Di sekitar samudra Artik terdapat banyak maritim yang kecil, tetapi yang terdalam yaitu maritim Artik Basin.


Laut Artik Basin berbatasan dengan negara-negara Amerika, Canada, dan Greenland yang merupakan  wilayah Denmark. Laut Artik Basin sering manjadi tempat wisata, bagi orang- orang yang ingin melihat beruang kutub pribadi di habitatnya. Selain itu, alasannya yaitu letaknya yang tidak jauh dari benua Amerika dan Eropa, maritim Artik Basin sanggup dengan gampang di jangkau.


--0O0--

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel